Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

11 Agustus 2009

Empat Keutamaan dan Nilai Amaliah Istighfar

1.Istighfar cermin kesadaran diri orang-orang yang bertakwa. Dijelaskan dalam Surat Ali Imran 135: Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.

2.Istighfar sumber kekuatan umat. Kaum nabi Hud yang dikenal dengan kekuatan mereka yang luar biasa, masih diperintahkan oleh nabi mereka agar senantiasa beristighfar untuk menambah kekuatan mereka. “Dan (dia berkata): Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa. (Huud 52).

3.Istighfar menolak bencana dan menjadi salah satu sarana turunnya keberkahan dan rahmat Allah SWT. Ibnu Katsir ketika menafsirkan surat Al-Anfal 33: Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah pula Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. Menukil riwayat dari Imam Tirmidzi bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah telah menurunkan kepadaku dua pengaman atau penyelemat bagi umat dari azab dan bencana, yaitu keberadaanku dan istighfar. Maka ketika aku telah tiada, masih tersisa satu pengaman hingga hari kiamat, yaitu istighfar”.

4.Istighfar memudahkan urusan seseorang, memudahkan jalan mencari rezeki dan memelihara seseorang. Ibnu katsir menafsirkan suarat Hud 52: dengan menukil hadits Rasulullah saw yang bersabda, “Barangsiapa yang mampu kontinyu dalam beristighfar, maka Allah akan menganugerahkan kebahagiaan dari setiap duka dan kesedihan yang menimpanya, memberi jalan keluar dari setiap kesempitan dan memberi rezeki dengan cara yang tidak disangka-sangka.”

Subhanallah.... Semoga kita semua bisa menjadi hamba-hamba-Nya yang ahli beristighfar..... Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar