Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

28 September 2009

12 BARISAN DI HARI KIAMAT

“Pada saat sangkakala di tiup, maka kamu sekalian datang berbaris – baris” (An-naba’:18)

Suatu ketika, Muadz bin Jabal ra menghadap Rasulullah SAW dan bertanya, “wahai Rasulullah, tolong uraikan kepadaku mengenai firman Allah SWT “pada saat sangkakala di tiup, maka kamu sekalian datang berbaris – baris”
Mendengar pertanyaan itu, baginda menangis dan basah pakaian beliau karena air mata. Lalu menjawab “ wahai Muadz, engkau telah bertanya kepadaku perkara yang amat besar, bahwa umatku akan digiring, dikumpulkan berbaris – baris menjadi 12 barisan, masing – masing dengan pembawaan mereka sendiri”.

Maka ditanyakan apakah 12 barisan tersebut, yaitu :

1. Barisan pertama
Digiring dari kubur dengan tidak bertangan dan berkaki. Keadaan mereka ini di jelaskan melalui satu seruan dari sisi Allah yang maha pengasih. “mereka itu adalah orang – orang yang sewaktu hidupnya menyakiti hati tetangganya, maka demikianlah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

2. Barisan kedua
Digiring dari kubur berbentuk babi hutan. Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang sewaktu hidupnya menyia–nyiakan shalat, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

3. Barisan ketiga
Digiring dari kubur dengan berbentuk keledai, sedangkan perut mereka penuh dengan ular dan kalajengking. Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang seaktu hidupnya enggan membayar zakat, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

4. Barisan keempat
Digiring dari kubur dengan keadaan darah seperti air pancuran keluar dari mulut mereka. Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang berdusta dalam jual beli, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

5. Barisan kelima
Digiring dari kubur dengan bau busuk dari bangkai. Ketika itu Allah SWT menurunkan angin sehingga bau busuk itu mengganggu ketentraman di padang mahsyar. Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang menyembunyikan perlakuan durhaka takut diketahui oleh manusia tetapi tidak pula merasa takut kepada Allah SWT, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

6. Barisan keenam
Digiring dari kubur dengan keadaan kepala mereka terputus dari badan, Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang menjadi saksi palsu, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

7. Barisan ketujuh
Digiring dari kubur tanpa mempunyai lidah tetapi dari mulut mereka mengalir nanah dah darah, Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang enggan memberikan kesaksian diatas kebenaran, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

8. Barisan kedelapan
Digiring dari kubur dalam keadaan terbalik dengan kepala kebawah dan kaki keatas, Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang berbuat zina, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

9. Barisan kesembilan
Digiring dari kubur dengan berwajah hitam gelap dan bermata biru sementara dalam diri mereka penuh dengan api gemuruh, Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang makan harta anak yatim dengan cara yang tidak sebenarnya, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

10. Barisan kesepuluh
Digiring dari kubur dalam keadaan tubuh mereka penuh dengan penyakit kulit dan kusta, Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang durhaka kepada keduanya orang tuanya, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

11. Barisan kesebelas
Digiring dari kubur mereka dalam keadaan buta, gigi mereka memanjang seperti tanduk lembu jantan, bibir mereka melebar sampai ke dada dan lidah mereka terjulur memanjang ke perut dan keluar beraneka kotoran, Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang minum arak, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah neraka…”

12. Barisan kedua belas
Mereka digiring dari kubur dengan wajah yang bersinar – sinar laksana bulan purnama. Mereka melalui titian shirat seperti kilat, Datanglah suara dari sisi Allah yang maha pengasih, “mereka itu adalah orang yang beramal shaleh dan banyak berbuat baik. Mereka menjauhi perbuatan durhaka, mereka memelihara shalat 5 waktu, ketika meninggal dunia keadaan mereka sudah bertaubat, maka inilah balasannya dan tempat kembali mereka adalah surga, mendapat ampunan, kasih saying dan keridhaan Allah yang maha pengasih…”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar